Sabtu, 07 Januari 2012

ALAT ALAT SABLON KAOS

.
Alat alat sablon, kipas angin
Alat alat sablon atau perlengkapan sablon kaos yang akan kita bahas  untuk kali pertama ini adalah kipas angin. Alat bantu sablon ini berfungsi sebagai penunjang dalam proses sablon kaos, yang sangat diperlukan untuk membantu dalam mempercepat proses pengeringan lapisan obat afdruk pada saat proses pembuatan screen sablon kaos. Adapun cara penggunaan alat bantu sablon ini adalah setelah screen diolesi dengan obat afdruk screen bisa diangini dengan kipas angin agar proses pengeringan obat afdruk yang telah dioleskan bisa lebih cepat. Disamping kegunaan yang telah kita sebutkan, alat bantu sablon ini bisa juga digunakan pada saat proses menyablon kaos dimana setelah disablon pertama kali kaos diletakkan didepan kipas angin agar tinta sablon cepat kering dan bisa segera naik proses sablon kedua, ketiga dan seterusnya.
Alat alat sablon, hair dryer
Yang kedua adalah alat bantu sablon yang juga sangat dibutuhkan yaitu hairdryer atau hotgun. Alat bantu sablon ini bisa digunakan sebagai pengganti dari kipas angin. Dengan alat  bantu sablon  ini proses pengeringan bisa lebih cepat daripada dengan kipas angin. Hal ini dikarenakan selain dengan menyemburkan angin hairdryer juga mengeluarkan panas, sehingga proses pengeringan sablonan anda akan lebih cepat.
Alat alat sablon, semprotan air
Alat alat sablon lainnya yang sangat diperlukan dalam usaha sablon kaos adalah hand spray atau penyemprot air, alat bantu sablon ini adalah semprotan air yang juga sering dipakai untuk  menyemprot tanaman bonsai atau burung. Alat sablon ini sangat diperlukan guna membantu dalam  proses pembentukan gambar dan membersihkan screen setelah proses afdruk. Alat bantu sablon ini termasuk mudah sekali rusak untuk setiap beberapa kali pemakaian sehingga saya sarankan untuk anda agar membeli dalam jumlah lebih dari satu buah saat anda memulai usaha sablon kaos anda.

Dalam artikel kali ini akan kita bahas tentang rakel sablon, yang merupakan mitra utama dari screen, dan masuk dalam kategori peralatan utama dan pokok. Fungsi utama nya adalah untuk menurunkan atau menggesut tinta pada screen ke media. Rakel sablon pada umumnya terbuat dari bahan sintetik. Jenis bahan sintetik yang banyak dipakai dalam membuat alat ini diantaranya adalah jenis Polyrethane atau Polyviyl. Polyurethane ini mempunyai keistimewaan tersendiri salah satunya adalah sifatnya yang cukup kuat dan termasuk sangat tahan terhadap kelembaban udara hal ini menyebabkan rakel sablon akan menjadi lebih awet.
Rakel sablon datar dengan pegangan kayu
Setelah sedikit mengenal tentang bahan mari kita lanjutkan dengan membahas bersama tentang jenis rakel sablon yang banyak dijual dipasaran atau di toko-toko sablon, sekaligus dengan fungsi masing-masing dan kegunaannya. Salah satu jenis rakel sablon yang sering kita temui adalah jenis rakel sablon lunak. Rakel sablon lunak ini merupakan salah satu jenis dari rakel sablon yang banyak digunakan untuk pengerjaan proses sablon yang memerlukan banyak tinta. Selanjutnya adalah jenis rakel keras, jenis rakel sablon ini banyak digunakan untuk pengerjaan jenis sablonan yang membutuhkan output yang detail, halus dan presisi.
Selanjutnya dalam memilih rakel sablon selain dari sifatnya seperti yang telah kita bahasa diatas, dipasaran kita juga bisa menemukan beberapa perbedaan rakel sablon yang dijual dari segi bentuk penampang yang digunakan untuk menurunkan tinta pada screen sablon ke media sablon. Dari sisi bentuk ujung rakel ini ada beberapa macam rakel sablon yang umum dipasaran, seperti rakel sabon tumpul yaitu rakel sablon yang penampangnya datar, rakel sablon setengah bulat seperti namanya maka rakel sablon ini memiliki penampang berbentuk setengah lingkaran. Selanjutya ada juga rakel sablon lancip, sesuai dengan sebutannya rakel sablon ini mempunyai penampang yang lancip. Masih dalam bentuk lancip ada juga rakel sablon lancip ujung datar dimana bentukannya adalah seperti rakel sablon lancip yang sudah kita sebutkan sebelumnya tetapi pada permukaan utamanya rata. Kemudian rakel sablon miring dimana salah stu sisi rakel lurus dan sisi lainnya ada kemiringan. Kemudian yang terakhir adalah rakel sablon kotak, rakel sablon ini berbentuk kotak persegi panjang utuh tanpa ada sisi kemiringan dibagian samping luarnya.
Banyak ditanyakan oleh teman-teman, bagaimana sih cara membeli dan memilih rakel? cara pengecekan rakel sablon yang banyak dilakukan dan paling sederhana adalah dengan memperhatikan dengan teliti sisi tajam dari rakel sablon. Rakel sablon haruslah lurus dan tidak boleh melengkung. Selanjutnya anda bisa memilih tangkai kayu yang cukup baik, ringan, keras dan tidak mudah berubah bentuk. Atau jika memungkinkan anda bisa sekalian beli tangkai rakel sablon yang aluminium agar lebih tahan lama dan awet. Demikian pembahasan tentang rakel sablon ini semoga bermanfaat, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar